Blogroll

Selasa, 06 Maret 2012

Penyakit ringan yang sering muncul dan cara mengobatinya

Nih entri baru!
pas aku lagi sakit perut kepikiran bikin entri baru gan!
langsung saja yo gan!

A.nah, penyakit yang seringmuncul tapi ringan yang pertama itu sakit perut! biasanya kita makan sembarangan ujung2nya sakit perut kan? misalnya makan cabe kebanyakan. nah tuh sakit dan perut kita!

nih aku punya tips menghilangkan sakit perut...




1. Antasida yang dijual bebas
Pergunakanlah Antasida ketika perut merasa bergolak.

Bagaimana cara kerja antasida?
Antasida mengandung unsur seperti kalsium atau magnesium untuk menetralkan asam yang dikeluarkan oleh lambung (asam lambung). Produk seperti Pepcid dan Zantac yang disebut juga H2 blocker, juga membantu mengurangi jumlah asam lambung dan mengurangi gejala refluks.

Pastikan untuk menggunakan antasida sesuai petunjuk. Tidak ada salahnya membawa Antasida ketika bepergian untuk berjaga-jaga. Namun, apabila telah sering atau rutin mengonsumsi Antasida, maka berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisi perut selama beberapa waktu terakhir.

2. Bismuth Subsalicylate

Bagaimana cara kerja Bismuth Subsalicylate?
Obat ini termasuk obat yang dijual bebas dengan beberapa merk paten, seperti Kaopectate dan Pepto-Bismolyang berfungsi ganda sebagai antasida dan anti-inflamasi. Efek samping yang biasa terjadi dari penggunaan obat ini adalah sembelit.

Catatan: Obat ini tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena obat yang mengandung Salisilat, meskipun dalam kasus yang jarang telah terbukti menyebabkan sindrom Reye.

3. Makanan ringan
Makanlah makanan ringan atau snack setelah mengalami sakit perut atau diare.

Apa pengaruh makanan ringan?
"Diet Bratt telah digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu mengobati diare," ujar Lauren Slayton, seorang ahli diet di New York City.

Pisang, nasi, saus apel dan roti bakar, ditambah teh, adalah satu paket makanan ringan yang dapat menenangkan kram perut dan merupakan makanan yang mudah dicerna. Yogurt juga merupakan alternatif minuman yang aman.

4. Minum
Minumlah ketika sakit perut atau setelah muntah.

Apa pengaruh minum saat sakit perut dan setelah muntah?
Setelah muntah maka tubuh akan kehilangan banyak cairan dan juga kehilangan elektrolit dan nutrisi lainnya, sehingga sangat perlu untuk mengganti cairan tubuh yang hilang dengan segera. Minuman seperti kacang hijau atau blackberry atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan mempunyai efek menenangkan pada tingkat emosional.

5. Obat herbal

Kapan perlu menggunakan obat herbal?
Jika perut terasa sakit atau kembung, gunakanlah secara rutin jika memang mempunyai masalah perut yang kronis, namun sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter mengenai penggunaan obat herbal tersebut.

Tanaman herbal seperti jahe, peppermint dan adas dapat digunakan sebagai alternatif solusi dari bahan alami untuk sakit perut. Peppermint dapat membantu pencernaan karena mempunyai sifat dapat menghilangkan gas dan mengurangi kram. Biji adas dapat mengurangi kembung dan meminimalkan produksi gas. Minum jahe, peppermint, atau teh adas setelah makan makanan yang terlalu pedas dapat berfungsi untuk menghindari gangguan pencernaan. Jika menderita sakit perut secara rutin, berkonsultasilah dengan dokter.

6. Probiotik

Kapan perlu mengunakan probiotik?
Jika sering mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan secara rutin, tidak ada salahnya mengonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung probiotik setiap hari.

Probiotik adalah bakteri menguntungkan yang membantu mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

Belum diketahui secara pasti bagaimana cara kerja probiotik untuk mengatasi sakit perut atau gangguan pencernaan, namun biasanya setelah seseorang mengonsumsi probiotik ketika sakit perut, kebanyakan dari mereka merasa lebih baik.

Produk susu seperti yogurt, kefir, dan buttermilk, juga mengandung strain yang berbeda dari acidophilus yang merupakan probiotik yang kuat. Probiotik dalam yogurt benar-benar telah terbukti memperpendek durasi sakit perut.

B.nah, yang kedua tuh pusing gan! biasanya kita hari sennen pada upacara bendera. udah panas, kita capek berdiri.
berdasarkan hasil survey, kalo kita berdiri terlalu lama tanpa bergerak menyebabkan kaki kita lelah. walau kita udah sarapan, kadang gak guna lho gan! jadi pas upacara kudu gerakin kaki dikit2 tapi sering!
biasanya anak2 zaman sekarang ini kalo upacara kebanyakan gak kuat! kadang ampe pingsan kan?

Nih tips menghilangkan pusing


1.Minum air putih.
Sakit kepala seringkali dipicu karena dehidrasi. Saat Anda kepanasan dan kehilangan banyak cairan disertai rasa sakit kepala, segera konsumsi air putih. Duduklah sebentar, kemudian minum air putih secara perlahan. Jangan lakukan banyak gerakan sampai sakit kepala hilang.

2. Menjauh dari komputer.
Radiasi komputer juga bisa menimbulkan rasa sakit di kepala. Hal tersebut biasanya terjadi pada Anda yang menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer. Cobalah matikan monitor, lalu pergilah ke luar ruangan untuk mencari udara segar.

3. Tarik nafas perlahan.
sambil pejamkan mata. Memejamkan mata adalah cara efektif untuk meredakan ketegangan otot mata yang menimbulkan rasa sakit kepala.

4.Seduh secangkir teh hitam.
Tambahkan perasan air lemon. Saat masih hangat, minum perlahan. Ini berguna untuk meredakan sakit kepala Anda segera.

5.Coba mengonsumsi sup panas.
Setelah itu, cobalah tidur dalam suasana tenang atau temaram.

6.Berendam di air hangat 
Berendam di air hangat  juga bisa menyembuhkan sakit kepala Anda. mampu mebuat anda lebih rileks

7.Gunakan jari telunjuk dan ibu jari
Gunakan jari telunjuk dan ibu jari untuk menekan secara perlahan batang hidung Anda. Dan, lakukan juga pijatan pada pelipis secara bergantian. Tapi ingat, jangan tekan terlalu keras.

8.Kompres kepala.
Ambillah kain lembut atau handuk kecil, lalu basahi dengan air bersuhu dingin. Lalu, tempelkan di kepala dan leher bagian belakang. Cara tersebut bisa mengurangi rasa sakit karena membuat efek relaksasi.

9 Meditasi. 
Saat muncul sakit kepala cobalah untuk bermeditasi. Pejamkan mata, tarik napas dan tahan selama lima detik kemudian buang secara perlahan. Fokuskan pikiran Anda pada hal-hal yang menyenangkan. Dengan begitu Anda bisa mengurangi ketegangan otot pemicu sakit kepala, akibat tekanan psikologis.

10. Pijit / kerok
Kemungkinan anda pijit karena masuk angin, cara yang paling ampuh tanpa minum obat tinggal di kerok aja. Atau dipijit untuk merileks kan otot2 anda yang tegang, sehingga peredaran daarh menjadi lancar. karena peredaran darah yang tak lancar bisa menyebabkan pusing kepala

11. Tambahan
Makan coklat aja dah gan! aku liat di google banyak tulisan 'makan cokelat dapat menghilangkan pusing"!


C. yang ketiga, biasanya stress kan? kebanyakan belajar adanya stress kan? apalagi menjelang ujian..
ini juga terjadi karena kita kebanyakan pikiran. misalnya hutang blom dibayar, diputusin pacar, ditinggal sendirian di tempat gelap, habis dimarahin ortu, de-el-el.

nih tipsnya.

1. Dengarkan musik
nih tulisan saya! Biasanya kita dengerin musik selain untuk mengisi kebosanan kan? tapi stress bisa kita hilangkan juga lho!

2. Jadikan hari senin sebagai hari yang menyenangkan
biasanya Hari senin tuh ngebetein kan? upacara, ke hari minggu masih lama, pe-er ditambahin, dll. agan2 tau ngga? katanya orang berpenyakit jantung tuh paling banyak muncul di hari Senin! makanya! kita bikin jadwal menarik justru di hari senin! biar kita gak benci sama hari senin. misalnya ganti jadwal apel pacar di hari senin.

3. bikin daftar kekhawatiran.
biasanya kita mikirin banyak hal ampe khawatir. misalnya: "duh, mama sakit. gimana nih?" , "duuuh! pacarku selingkuh! awas kamu!" , "papa belum pulang, mama udah khawatir. apa terjadi sesuatu ya?"
tulis aja di selembar kertas! trus kamu pejamin matamu trus bilang gini dalam hati. "aku khawatirin hal2 itu besok saja, sekarang aku bener2 butuh istirahat!" kalo ak masuk juga, ucapin aja tapi jangan teriak, nanti kamu tambah stress. nah, pas besoknya biasanya rasa khawatir kamu justru gak mau muncul.

4. Kurangi rasa takut
biasanya kita dengerin temen cerita2 aneh gitu. kecelakaan, orang mati naas, cerita hantu, dll. bawaannya stress.
kita ampe takut dengerinnya. misalnya cerita hantu. kamu bicara ke diri kamu sendiri! misal "hantu kok segitunya nakutin sih?" , "kalo hantu mah banyak yang baek..." , "aku kan agamanya taat, ngapain takut?"

5. Melihat dari sudut pandang yg berbeda
Pada saat kita menghadapi masalah, cobalah melihat dari sudut pandang yg berbeda. Tariklah nafas yang dalam, dan bayangkan stress anda yang mengecil dan kebahagiaan yang mananti anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar